Jaringan Internet untuk Radio

Siaran radio telah lama kita kenal dan digunakan secara umum bersifat konvensional yang ditransmisikan melalui gelombang AM dan FM. Aksesnya masih dapat dijangkau berbagai khalayak masyarakat. Kini dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, kemudahan mendengarkan radio konvensional ini hanya berbekal telepon selular (disingkat ponsel) dengan dilengkapi earphone sebagai antena penerima sinyal radio, lalu segera temukan aplikasi FM Radio. Umumnya pencarian frekuensi siaran radio yang kita dengar akan secara otomatis ditunjukkan. Namun jika Anda menginginkan frekuensi lainnya, maka Anda dapat secara manual mencari siaran radio yang Anda inginkan.
Terkait dengan penemuan telepon genggam, dalam sejarahnya tidak lepas dari perkembangan radio, yang mana radio komunikasi berkembang menjadi dua arah dengan ‘frequency modulated” (FM) atau sistem modulasi frekuensi yan mapan akhir 1960-an.
Radio internet mulai mengubah transmisi sinyal analog yang digunakan oleh radio konvensional. Radio internet (dikenal juga sebagai web radio, radio streaming dan e-radio) bekerja dengan cara mentransmisikan gelombang suara lewat internet. Prinsip kerjanya hampir sama dengan radio konvensional yang gelombang pendek (short wave), yaitu dengan menggunakan medium streaming berupa gelombang yang kontinyu. Sistem kerja ini memungkinkan siaran radio terdengar ke seluruh dunia asalkan pendengar memiliki perangkat internet.

sumber:

http://amarsuteja.blogspot.com/2012/02/transformasi-radio-konvensional-menjadi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam#Perkembangan
http://www.tutoride.web.id/2016/09/cara-mendengarkan-radio-dari-hp-android.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Radio

One Reply to “Jaringan Internet untuk Radio”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *