Media audio pada Pembelajaran Jarak Jauh

Model Pembelajaran jarak jauh menjadi alternatif pilihan bagi siapa pun yang ingin menempuh pendidikan tanpa kendala jarak dan waktu. Berbagai fasilitas belajar tentu telah disiapkan sebagai bagian dari perangkat belajar peserta didik, termasuk media audio. Yang populer kini audio berupa podcast dan siaran radio dalam jaringan.
Dibandingkan dengan produksi visual seperti televisi, video bahkan computer –based learning, audio relatif lebih murah pada porduksi dan distribusinya. Teknologi audio adalah sederhana, murah dan tersedia luas. Media audio itu atraktif dan populer bahkan mudah diakses. Dalam buku yang ditulis oleh John Thomas, media audio sangat efektif bagi pengajaran dan pendidikan, terkhususnya bila dikombinasikan dan terintegrasi diantara cetakan dan aktifitas belajar lainnya.
Ramesh S. Sharma dalam Interaction Radio Counseling in Distance Education menuliskan presentasinya bahwa media audio dalam pendidikan jarak jauh dapat berupa kaset audio, radio pendidikan, program radio interaktif, konferensi audio dan audio visual. Pemanfaatan radio edukasi telah mendunia seperti yang di Guetemala, Sri Lanka, Trinidad, Korea Selatan, Republik Dominika, Republik Paraguay, hingga Britania Raya.

*Audio For Distance Education and Open Learning, John Thomas, publikasi oleh The Commonwealth of Learning and theInternational Extension College
http://oasis.col.org/bitstream/handle/11599/35/Audio_for_DE_complete.pdf?sequence=1&isAllowed=y
*Interaction Radio Counselling in Distance Education, Ramesh C. Sharma, Wawasan Open University, Penang, Malaysia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *